Rabu, 30 Maret 2011

Arkeolog Temukan Sarang Megalodon

Megalodon adalah spesies ikan hiu purba raksasa yang hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun lalu. Hiu ini berukuran lebih besar dari sebuah kapal pesiar. Namanya sendiri berarti "gigi yang besar". Hewan ini termasuk jenis hiu perairan dalam yang jarang naik ke permukaan kecuali untuk mencari mangsa. Isu yang tersebar, meski hiu ini belum pernah ditemukan dalam keadaan hidup, banyak di antara kalangan ilmuwan berpendapat bahwa hiu ini masih hidup, dan termasuk fosil hidup. Keturunan dekat hiu ini adalah hiu putih.



Belum lama ini para arkeolog menemukan sarang yang diduga tempat persembunyian dari hiu purbakala tersebut didaerah Panama. Panama menjadi rumah bagi makhluk bergigi besar disebut Megalodon, ikan hiu terbesar di dunia dengan bobot lebih berat daripada hiu putih besar.

Sebuah kawasan hunian peranakan berusia 10 juta tahun bagi hiu megalodon yang telah punah berhasil ditemukan di Panama, menurut peneliti dari Universitas Florida yang melaporkan temuan mereka di jurnal PloS ONE.


Megalodon alias Big Tooth diperkirakan sebagai hiu dan ikan terbesar di dunia. Mampu tumbuh sekitar 67 kaki panjangnya dan jauh lebih berat daripada hiu putih terbesar saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar